Monday, November 5, 2012

Pengalaman Oprek shogun 125

Cara meng "Oprek" mesin motor dengan spesifikasi untuk penggunaan harian pasti tidak akan sama dengan mengoprek motor untuk penggunaan balapan. klo kata beberapa bengkel, mau enak ya harus boros n itu dah hukum alam...tapi itu kata mekanik. saya sendiri bukanlah seorang teknisi yang handal tapi saya mempelajari mesin secara otodidak, mulai dari trial n error meskipun dulu banyak errornya.hehehe
Tapi sekarang pelan-pelan sudah lumaya mengerti motor, mungkin oprek mesin umtuk versi balap tidak tapi minimal buat harian bisa awet. ini ane pengalaman di shogun 125 ane, berhubung ane tinggal di semarang dan kontur geografisnya berbukit..ane ngerasa makin lama ni motor makin boros.

Setelah ane coba bongkar n ngebersihin ruang bakar koq tidak berpengaruh besar...pada saat itu ane coba aja langsung terapin semi korek buat harian. Hampir di setiap bengkel ane mesti selalu ngomong bakalan tambah boros, ane sendiri juga heran koq bisa???

Setelah ane melakukan penelitian.. ;) ane coba terapin ganti seker 1 set pakai punya suzuki thunder, ane fikir karena ane tidak pengin melakukan oversize yang tidak aman seandainya dipakai ke luar kota..kemudian ane haluskan n bentuk ulang manifold ex dan in, kemudian untuk naikan kompresinya ane kepras silinder kop-nya 0,6 mm...kemudian ganti koil n tidak lupa untuk setting karburator standardnya...ane ngga ganti karbu cz tetep kepingin filter udara kepasang meskipun sedikit modifikasi..;) next, ane ganti kampas kopling sekunder dan ane sedikit modifikasi kampas kopling primer...biar tarikannya lebih yahut aja...n ngga selip kopling...hehe

alhasil..ane coba tandingin pertama..ane lawanin shogun SP , ane bisa menang telak...pdhl bobot ane 100Kg..wkwk. Selanjutnya ane tandingin sama megapro...n hasilnya bisa menang 1/2 body...ane pikir keren juga ni mesin motor..pdhl cuma sedikit pengubahan. ane coba pakai touring ke jogja, sekitar 3 jam nonstop juga ngga ada masalah..untuk bensin, selama tidak dipakai betot2an gas terus...ni motor malah lebih irit...ane pikir penyebab utama adalah karena saat tanjakan ane ngga perlu buka gas yang lebar, ni motor udah wuzz...wuzzz.....hehe

4 comments:

  1. mungkin bisa lebih detail gan ....jelasinnya maklum ga begitu paham mesin ...
    pinya shogun 125 jg pengen buat touring yg mantap...

    tq

    ReplyDelete
  2. kang saya pake seher thunder tapi bagian kupling slip truss.. blok kopling nya saya beli snd kang.. tolong kang penjelasanya .. kenapa kopling nya slip trus ??? harus bagaimana ??
    nomer saya kang kalau bisa sms 08989144288 . makasih :)

    ReplyDelete
  3. Ass,,
    Juragann maaf ane ikutan tanya,,mtor ane shogun125 SP 2007,,,kendalanya sih ditarikan awal pas buka kopling aga engap,,aplagi klo beban aga berat,,trus suara ngerutuk pas putaran msin pelan tapi smakin d betot gas nya mkin kedenger tu suara di bgian dpan,,tenaga juga jd g stabil gan,,coba minta solusinya gan??

    ReplyDelete
  4. Spin on the online casino - Kadang Pintar
    Spin on the online casino! Spin on the 인카지노 online casino! Spin on deccasino the online casino! Spin on the online casino! Spin kadangpintar on the online casino!

    ReplyDelete